Sisilsilya's Blog

Juni 18, 2012

Bahasa Inggris Bisnis 2_Artikel_Ini Dampaknya Jika Anak Diberikan Kebebasan Pakai Handphone

Filed under: _Tugas_ — Chrisilla^Yunisia^de Fretes ``(23209891)`` 3EB17 GUNADARMA @ 9:50 am

^Chrisilla Yunisia de Fretes^23209891^3EB17

Senin, 18/06/2012 13:53 WIB

Ini Dampaknya Jika Anak Diberikan Kebebasan Pakai Handphone

Vera Farah Bararah – detikHealth

1. Bahaya kesehatan terutama jika anak belum berusia 12 tahun

Anak bukanlah orang dewasa yang bertubuh kecil, jadi seharusnya memang tidak menggunakan handphone sebelum usia 12 tahun. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang dan ia lebih sensitif terhadap hal-hal seperti ultraviolet atau radiasi dari telepon genggam.

Studi yang dilakukan peneliti Imperial College London mendapatkan anak berusia di bawah 12 tahun yang dibekali telepon genggam oleh orangtuanya paling rentan terhadap semua dampak negatif dari penggunaan handphone tersebut.

2. Anak jadi mengabaikan tanggung jawabnya untuk belajar

Salah satu tanggung jawab anak adalah belajar dan sekolah, tapi jika anak terlalu bebas menggunakan telepon genggamnya maka ia cenderung mengabaikan kewajibannya ini. Kondisi ini tak urung bisa membuat prestasi anak jadi menurun. Untuk itu beberapa ahli tidak menyarankan orangtua memberikan gadget canggih sebagai hadiah atas prestasi anak.

3. Tagihan membengkak

Kondisi ini dialami oleh remaja belia berusia 12 tahun, Oscar Rushen yang sedang tergila-gila menelepon pacarnya hingga membuat tagihan telepon ayahnya membengkak sampai Rp 25 juta. Hal ini tentu saja membuat sang ayah kewalahan membayar tagihan telepon sendiri, dan sang anak pun dilarang menggunakan handphone.

Jika memang orangtua ingin memberikan handphone untuk anaknya agar mudah dipantau atau dihubungi, sebaiknya berikan limit tertentu untuk pulsanya seperti prabayar sehingga bisa diatur penggunaan pulsanya.

4. Rentan terjebak oleh telepon premium

Anak-anak umumnya belum terlalu mengerti dengan berbagai macam SMS Premium yang muncul di handphone-nya, sehingga tak jarang banyak anak yang terjebak oleh SMS atau telepon premium ini. Untuk itu orangtua memiliki peran yang penting dalam memberitahu anak bagaimana cara menggunakan telepon genggam yang benar.

5.Anak jadi kurang suka bersosialisasi

Salah satu kebutuhan anak dalam memenuhi proses perkembangan dan pertumbuhannya adalah bermain dan sosialisasi dengan anak lain. Tapi anak yang sudah kecanduan telepon genggam cenderung lebih senang bermain dengan gadgetnya dibanding dengan anak-anak lain.

Tak jarang anak-anak ini jadi kurang suka saat harus bersosialisasi dengan anak-anak lain untuk bermain bersama, sehingga mempengaruhi perkembangan dan juga membuatnya tidak banyak melakukan kegiatan fisik.

ver/ir )

Sumbe=> http://health.detik.com/read/2012/06/18/135358/1943976/1301/6/ini-dampaknya-jika-anak-diberikan-kebebasan-pakai-handphone

Comment : In the current era as sophisticated as no surprise that the children were participating in sophistication. Participation of children in the sophistication of technology, especially mobile phones are not independent of the role of parents who provide mobile phone facility for children on the grounds that they are easily contacted. No one is if the parents give fasilitias like that for their children but it would be nice if when parents provide facilities such as mobile phones, parents can be wise in the sense that parents should continue to monitor their children in the use of mobile phones. Because the use of mobile phones for children who are not old enough really to give the adverse implications for patterns of behavior and daily life of children. therefore it is expected to let the parents be wise and able to monitor their children.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: